Book #4 Goodbye Happiness

by - July 21, 2019

Akhirnya setelah menyempatkan skimming (karena sedikit lupa dengan isinya), hari ini jadi juga bedah novel ala-ala korea ini hehehe.
Well, aku ingat waktu itu secara random membeli novel indo di gramedia dekat dengan suatu instansi tempat dimana aku magang saat SMK (whaaaaat novel lawas ya haha). Tanpa pikir panjang karena di tempat magang sering nganggur (haha jangan ditiru), akhirnya aku memutuskan untuk membeli novel dan dibaca saat tidak ada yang dikerjakan (nah ini lebih diterima). Aku juga nggak begitu ngeh sejak awal, novel tentang apa sih ini, seingatku waktu itu aku punya 2 pilihan dan keduanya memang sangat berbeda, karena ingin yang ringan-ringan aja, jadi deh aku memilih novel karya Arini Putri ini, Goodbye Happiness. Tanpa searching rating dan babibu lagi, akhirnya aku bayar novel yang penulisnya lumayan produktif ini (penulis Rain Over Me juga kak Arini ini). 

Aku lupa sih akhirnya aku baca di kantor atau di rumah atau dimana haha. Tapi yang teringat sedikit bikin gemas memang alurnya. Setelah membaca sampai tamat, barulah aku search rating novel ini di google dan memang beragam sekali tanggapannya :) 

Cover
Cukup menarik, karena terkesan vintage dan sesuai dengan penggambaran dalam cerita, dimana ada adegan tokoh utama membuka barang-barang usang yang menyimpan banyak kenangan.
Character
Penokohannya sangat bagus sih menurutku, karena penulis sepertinya sangat suka dengan idol korea dan sepertinya memang Korean addict banget, jadilah namanya beragam mulai dari Krystal, Skandar (bagus banget sih ini), Seungho, Nayoung dan masih banyak tokoh pendukung lainnya. Ketiga tokoh yang berkonflik kuat adalah Krystal, Skandar dan Seungho. Sifat setiap tokoh sangat kuat. Seperti yang aku sebutkan tadi, karena penulis suka idol korea, jadilah penokohan di novel ini tak jauh-jauh seperti drama korea pada umumnya. Krystal (mungkin Krystal Jung ya kiblatnya) yang digambarkan sangat dingin, Skandar sangat cool dan misterius(seperti tokoh utama F4 gitu ya hehe), dan Seungho (seperti pihak ketiga di kebanyakan drama korea) sangat hangat bak malaikat.

Setting
Nggak tanggung-tanggung karena nama-nama tokoh sudah mendukung dan jalan cerita diarahkan secara paksa ke sana, hehe menurutku maksa soalnya, setting cerita ada di Indo dan Korea dong. Penulis sangat rapi menunjukkan detail tempat kejadian dan nama-nama tempat ternama di Korea. Penulis juga menyelipkan bahasa sehari-hari korea (yang sering kita dengar di drama korea pastinya hehe) dan juga bahasa inggris (yang sangat disayangkan banyak sekali kesalahan grammar disana-sini, semoga dapat dibenahi di cetakan atau penulisan novel selanjutnya).
Storyline
Jalan ceritanya sangat terburu-buru, mungkin karena penulis ingin segera fokus pada konflik klimaks di Korea, saat semua tokoh bertemu. Jadi, singkat cerita Krystal dan Skandar adalah sahabat yang memiliki perasaan yang sama lebih dari sekedar sahabat, namun karena beberapa hal dan tokoh-tokoh lain berdatangan diantara mereka, Krystal dan Skandar menyerahkan harapan mereka pada waktu. Hingga akhirnya saat keduanya tidak dapat saling mengucap isi hati masing-masing, semua baru terkuak. Meskipun judulnya Goodbye Happiness, namun penggambaran tokoh utama dapat bahagia akhirnya meskipun tidak sesuai harapan. 

Yaaah begitulah novel random yang akhirnya kuperjuangkan untuk aku baca ulang secara sepintas. Terlepas dari cerita yang mirip dengan drama korea kebanyakan dan grammar yang harus diperbaiki (sedih sekali padahal isi kalimatnya sangat apik), aku sangat suka dengan gaya bahasa penulis.

You May Also Like

0 comments