Book #5 Amerika & Eropa

by - December 24, 2020

Membaca. 
Habit membaca memang perlu kita seriusin. Maksudnya bukan harus membaca hal-hal yang melulu serius, tapi penting untuk memilih bacaan yang memberi kita value setelah selesai membacanya. Entah itu tips atau informasi yang bermanfaat lainnya. Sekarang membaca tidak harus membawa buku kemana-mana, so sudah tidak ada lagi alasan untuk tidak membaca dalam sehari. Tapi aku tetap menganggap habit membacaku aku lakukan saat aku benar-benar fokus pada bacaanku dan bacaan itu memiliki value seperti yang aku sebutkan tadi. Even short article atau caption di suatu posting yang menarik dan meaningful juga dapat menambah frekuensi habit membaca kalian. Pastikan kalian selalu membaca teks yang dapat memberi kalian energi positif yang membuat kalian lebih semangat melakukan aktivitas. Oh iya karena sekarang kita tidak dapat melakukan travelling, aku mencoba membaca ulang salah satu buku yang sudah selesai kubaca dulu. Buku ini berisi pengalaman penulis mengunjungi berbagai tempat di Amerika dan Eropa. So, seperti apa kisah perjalanannya, berikut dibawah detailnya:
Judul
 
Judul buku ini adalah Amerika & Eropa. Singkat jelas padat. Sesuai isinya yang akan menjelaskan bagaimana penulis melakukan perjalanannya ke beberapa negara di Eropa dan beberapa tempat menarik di Amerika. 
Cover
Sampul buku ini tipis, bukan hard cover, terdapat gambar Plaza Avendano dan Gereja San Sebastian di Segovia, Spanyol. Sampulnya saja sudah membuat kita seperti menikmati sore hari di negara lain dengan nuansa musin gugur. So pleasant. Di sampul denpan juga tertulis Kompas Traveller. Iya, karena sebenarnya buku ini adalah kumpulan naskah dari harian Kompas. 
Sinopsis
Karena buku ini merupakan bundle dari harian Kompas, tentu saja penulisannya khas jurnalis. Oh iya, karena buku ini merupakan kisah perjalanan penulis, jadi pasti akan sangat membosankan jika penyampaian yang dilakukan kurang deskriptif, namun penulis menjelaskan tiap detail dengan cukup bagus dan terdapat beberapa ilustrasi foto yang diambil penulis mengenai objek yang sedang ia kunjungi. Sayangnya gambar yang disajikan kurang HD (high definition). Namun, tetap saja hal itu menjadikan minat membaca bertambah, meskipun sekarang kita dapat dengan mudahnya menemukan berbagai gambar di internet, namun tetap saja membuatku dapat lebih mudah merasakan nuansa yang digambarkan penulis. Di buku ini kita akan menikmati ulasan penulis yang mengunjungi berbagai kota di Amerika, mulai dari Vancouver, Inner Harbour, mencicipi Rivadavia sponge cake di Rio dan beberapa tempat lainnya seperti museum dan tempat wisata. Sedangkan di Eropa penulis mengunjungi lebih banyak tempat. Mungkin karena Eropa lebih kaya budaya. Jadi, banyak hal yang dapat diulas disana. 
Jika di Amerika penulis membawa kita ke nuansa metropolitan namun tetap menunjukkan sejuk dan rindangnya beberapa kota disana, di Eropa penulis membawa kita ke kota-kota tua di Eropa yang masih mempertahankan bangunan lama mereka. Aku sangat menyukai bagian ini. Mulai dari mengunjungi Brugge dengan dinding iconic-nya, kemudian melihat-lihat kerajinan keramik di Segovia, mampir ke Casa Mila, mengunjungi beberapa museum dan masih banyak lagi. 
Penulis
Tentu saja penulisnya adalah salah satu jurnalis senior harian Kompas, beliau adalah Myrna Ratna. Seperti yang tertulis di sampul belakang buku, beliau tidak hanya menyampaikan ulasan perjalanannya namun juga menyajikan cara pandang yang berbeda dan berbagi suasana dalam setiap perjalanannya. 
Pembelian 
Aku membeli buku ini di Gramedia. Buku ini dicetak tahun 2013 lalu, namun saat ini masih ada beberapa e-commerce yang menjualnya. Jika, kalian ingin membaca bagaimana Myrna Ratna berbagi kisah perjalanannya, kalian bisa segera membelinya. 
Rasanya seperti membaca caption panjang dari sebuat posting foto di platform media sosial, namun tentu saja dengan latar pendidikan penulis, tulisan yang disajikan tidak hanya tentang keindahan dan suasana dari tempat yang dikunjungi namun juga terdapat sangat banyak informasi seperti nama-nama pelukis, arsitek bangunan kuno dan berbagai sejarah lainnya. 
Oh iya, setelah membaca buku ini rasanya seperti mendapat banyak energi positif, karena kita masih harus stay at home jadi buku ini benar-benar membantu kita kembali fresh dan rasanya seperti pulang jalan-jalan bersama teman. 

You May Also Like

2 comments

  1. Sepertinya bagus nih bukunya wajib buat di baca kalo dilihat dari review di atas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, terimakasih sudah membaca. Semoga segera mendapatkan bukunya. It is still available online, grab it.

      Delete