The 6 Korean Drama Must Watch In 2019

by - January 23, 2020

Drama Korea memang biasanya tidak jauh-jauh dari kisah komedi romantis, melodrama hingga drama kolosal. Namun belakangan ini drama korea  menyuguhkan kualitas drama yang nggak main-main, genre fantasy dan action bahkan menjadi favorit. Mulai dari Secret Garden, My Girl Friend is A Gumiho hingga Two Weeks sempat menjadi top search pada masanya, kemudian fokus pada profesi tertentu juga menjadi trend, seperti dokter, hakim, bahkan tentara juga masih menarik untuk diulas. Beside pemeran yang good looking dan kisah romannya yang membuat kita jadi susah move on, drama korea kini juga sudah menjadi recommended to watch even untuk yang kurang suka dengan melodrama karena cerita yang mereka bangun benar-benar membuat kita susah menduga akhir ceritanya. Iya sungguh, memang se-cerdas itu alur cerita dan teka-teki yang ditayangkan, beberapa dengan konsep tertentu semakin dewasa dalam pengarahan plot dan penokohannya.
Untuk kalian yang memang tidak pernah melewatkan drama korea pasti sudah punya list drama yang dinantikan di tahun 2020 ini. Selain menantikan sekuel Arthdal Chronicles  (jika memang ada sekuelnya) pasti kalian juga sudah penasaran bagaimana peran yang akan dibawakan IU dan Park Seo Joon di upcoming drama mereka nanti. While wondering, mungkin ada beberapa drama korea yang belum sempat kalian tonton sepanjang tahun 2019 lalu yang padahal jalan ceritanya sayang sekali untuk dilewatkan. So here are some of best korean dramas I recommend you to check right now!!
Ini adalah drama korea yang tayang di akhir tahun 2018 hingga awal 2019. Dibintangi oleh Hyun Bin yang berperan sebagi Yoo Jin Woo, seorang CEO sebuah perusahaan yang fokus pada pengembangan game visual di Korea. Drama dengan tema sci-fi dan fantasy ini sukses masuk pasar masa kini, yang mana games sedang banyak digandrungi saat ini oleh berbagai kalangan. Hyun Bin beradu peran bersama Park Shin Hye yang berperan sebagi Jung Hee Jo, pemilik Hostel dimana Hyun Bin menginap selama di Granada. Kota dimana Hyun Bin menghabiskan banyak waktu untuk mengembangkan games baru yang sedang dalam proses produksi. Tanpa disangka, meskipun awalnya Hee Jo tidak begitu memberi peran signifikan diawal, namun ternyata Jin Woo sangat membutuhkannya. Drama ini membutuhkan kesabaran bagi penontonnya yang menyimpan banyak tanya atas teka-teki yang disusun rapi oleh penulis cerita maupun naskah. Untuk yang mengharapkan scene melodrama seperti pada drama korea kebanyakan, harus puas dengan sedikit adegan romantis antara keduanya. Oh iya diawal cerita diselipkan dialog Park Chan Yeol di telepon dengan seseorang. Tampil secara spesial, ternyata Park Chan Yeol sebagai Jung Se Jo membawa peran sangat penting. Drama ini juga menyuguhkan setting yang menawan, apalagi selama di Spanyol. Mereka menyajikan sudut-sudut kota di Spanyol dengan sangat cantik. Jika kalian sudah menonton hingga episode akhir pasti tahu bagaimana rumitnya membedakan dunia games dan realita bagi Yoo Jin Woo hehe, dan untuk yang belum menonton satu episode pun, kalian harus setidaknya memastikan Park Chan Yeol yang berperan jenius ini baik-baik saja, ok? 
Drama komedi romantis satu ini menjadi drama dengan tema yang sama kedua yang dibintangi oleh Park Min Young. Ahli dalam menjalaki lakon yang ceria maupun dramatis sebagai protagonis, Park Min Young kali ini didapuk menjadi kepala kurator sebuah Museum Seni di Korea bernama Sung Deok Mi. Seperti romantic komedy kebanyakan, Sung Deok Mi dan Ryan Gold, yang diperankan secara apik oleh Kim Jae Wook, bertemu karena sedikit accident dan kemudian menjalani hubungan sebagai rekan yang kurang baik, namun kemudian salih jatuh cinta. Masih hampir sama dengan What's Wrong With Secretary Kim, Park Min Young jatuh hati pada atasannya dan memiliki keluarga yang unik namun memilih tinggal sendiri sebagai wanita karir. Jika sebelumnya dia menyembunyikan alasannya mundur sebagai sekretaris dan membuat rekan kerjanya bertanya-tanya, kali ini Park Min Young menyembunyikan identitas aslinya sebagai penggemar berat seorang idol. Dia bahkan membuat fan base dan memotret kesana-kemari dimana idolnya Cha Shi An, yang diperankan One, menggelar acara. Meskipun ada akhir yang sedikit over dramatis dan berbelit layaknya karya lokal, namun Her Private Life tidak akan menyisakan banyak tanya seperti drama korea yang lain di tahun ini.
Nah ini salah satu drama favorit tahun ini, mengusung tema dark fantasy namun tetap kental akan comedy romance membuat drama ini tidak membosankan untuk ditonton, seharian sekalipun. Meskipun terkesan sedikit horor dengan penampakan arwah yang gentayangan dimana-mana tetap saja drama ini menyajikan penampilan IU sebagai pemilik hotel arwah, Jang Man Wol, sangat eye catching. Mengisahkan tentang hotel arwah di tengah kota Soul yang hanya tampak pada saat bulan purnama, IU sibuk merekrut anak manusia yang kompeten untuk menggantikan manajer hotelnya yang sudah harus pensiun. Dalam perjalanan karir sang manajer baru, diperankan oleh Yeo Jin Goo, ia belajar banyak hal dan mengalami banyak hal aneh, mulai dari bisa melihat arwah dan membantu mereka pergi ke tempat yang seharusnya. Setting cerita hanya berada di kota-kota di Korea. Namun menyajikan keunikan sajian dalam beberapa episode. Menampilkan adegan-adegan yang unik, namun drama ini tetap menyampaikan pesan yang mendalam kepada kita semua semasa hidup. Salah satu original soundtrack yang paling berkesan dibawakan oleh Taeyeon, All About You.
Well well ini salah satu angin segar dari drama korea di tahun ini. Jika biasanya korea identik dengan drama historical fiction kali ini mereka mengusung genre fantasy romance dengan plot dan setting yang tidak biasa, jika kalian biasa menonton drama korea dengan genre serupa seperti My Girlfriend is a Gumiho, Goblin, My Love From The Star, maupun The Legend of The Blue Sea namun Arthdal Chronicles menjajal setting lain dengan alur cerita yang cerdas dan pemeran yang layak untuk memerankan masing-masing penokohonannya. Jika teman-teman lama tidak menonton Song Joong Ki, inilah jawabannya, dia sedang mempersiapkan diri menggarap drama yang kabarnya akan berlanjut dengan beberapa sekuel ini. Jika sebelumnya Song Joong Ki tampil manly sebagai kapten team Alpha, kali ini ia berperan lebih menantang dengan dua kepribadian. Sudah pernah memerankan tokoh indigenous sebagai manusia setengah serigala di A Warewolf Boy, kini ia kembali berperan sebagai seorang indigenous bernama, Eun Som. Meskipun ada nuansa romance, namun drama ini sangat fokus pada alur fantasy yang mereka ceritakan. Mengisahkan banyak kelompok indigenous dengan adat dan kepercayaan yang berbeda-beda, penulis membawa kita pada awal terbentuknya suatu negara yang mereka sebut Serikat, diwarnai dengan banyak scene pembunuhan dan perang disana-sini, namun tetap tidak membosankan sama sekali. Jang Dong Gun sebagai Tagon merupakan pemeran utama yang tampil sangat apik begitu pula dengan aktor kunci lainnya seperti Kim Ji Won dan Kim Ok Vin. Meskipun berakhir, namun drama yang mungkin akan merilis sekuelnya ini masih menyisakan banyak sekali pertanyaan, sangat sulit menceritakan alurnya karena total ada lebih dari 16 episode.
Cerita yang dibawakan sangat rinci, hingga di awal kalian akan sedikit muak karena bahasa yang digunakan bukan bahasa korea (lah terus apa dong?), namun jangan salah, setelah kalian mengetahui sedikit jalan ceritanya, kalian pasti akan menonton seluruh episodenya. Bahkan Nichkhun tampil spesial dengan bahasa yang aneh pula. Nah, untuk lebih jelas siapa saja mereka semua dan apa yang sebenarnya terjadi diantara Tanya (Kim Ji Won), Jang Dong Gun (Tagon), dan Eun Som (Song Joong Ki) dan beberapa tokoh lainnya lebih baik kalian segera tonton sekarang.
Lagi-lagi mengisahkan perselisihan politik di Korea masih menjadi drama yang layak ditunggu. Dibumbui dengan genre action thriller, drama ini sukses mengingatkan kita dengan drama dengan alur serupa, Two Weeks. Banyak rahasia dan teka-teki disana-sini memungkinkan drama ini akan berlanjut hingga beberapa season. Lee Seung Gi kembali beradu akting dengan Bae Suzy, bekerja sama mengungkap dalang dari kecelakan pesawat komersil yang menewaskan seluruh penumpangnya. Setelah menemui beberapa hal yang janggal atas kecelakaan yang merengkut nyawa keponakannya, Lee Seung Gi sebagai Cha Dal Gun mendesak Bae Suzy yang berperan sebagai Go Hae Ri, seorang agen intelegensi nasional Korea, untuk membantunya menguak semua kecurigaannya. Ditengah jalan mencari bukti-bukti tentang kecelakaan pesawat tersebut mereka justru menemukan banyak hal yang tak terduga, bahkan seorang agen intelegensi nasional yang bekerjasama dengan mereka berdua memutar balik tujuan dan misi mereka. Ada sangat banyak pengkhianatan disana-sini hingga masa tergerak membantu mereka, karena bahkan pihak berwajib menentang rencana mereka. Menarik, drama dengan setting di Afrika dan Korea ini memberi teka taki diawal cerita yang belum terjawab hingga episode akhir, meskipun diceritakan kedua tokoh utama bekerja sama namun pada prolog ditampilkan Cha Dal Gun mengintai Go Hae Ri ditengah padang pasir dari kejauhan. Tampak membidik Go Hae Ri dengan tepat namun Cha Dal Gun terkesan ragu memantik senjata apinya. 
https://batam.tribunnews.com/2020/01/20/buat-penonton-ngakak-kim-soo-hyun-muncul-di-drama-korea-crash-landing-on-you
Crash Landing On You
Well untuk yang ingin bernostalgia dengan drama Descendants of The Sun, kalian harus wajib tonton drama ini, meskipun tentu saja alur dan setting yang dibawa berbeda, namun kalian tetap bisa menikmati manly-nya Hyun Bin sebagai Ri Jung Hyuk. Berperan sebagi anggota militer Korea Utara yang menyelamatkan seorang warga Korea Selatan, Son Ye Jin sebagai Yoon Se Ri yang mengalami suatu kecelakan. Untuk kisah lebih lengkapnya kalian harus segera mengikuti seluruh episodenya. Drama yang direncanakan tayang hingga Februari ini belum berakhir, sehingga kalian masih masih bisa menikmatinya di tahun ini. 

Nah itu tadi beberapa rangkuman best korean drama di sepanjang tahun 2019 lau. Untuk beberapa drama yang belum kalian tonton, pastikan kalian segera menontonnya. Meskipun sangat banyak drama korea di tahun lalu yang wajib ditonton juga, jangan sampai kalian melewatkan beberapa must watch drama diatas ya teman-teman. Nah happy watching~

You May Also Like

0 comments