Read Everytime, Move More, Eat Well, and Spend Less

by - June 21, 2019

Oh hello. . .
Akhirnya ya weekend lagi. Siapa yang minggu ini lagi banyak banget kerjaannya? Kalo aku sih enggak, eh belum ding hehe.
Ada yang exited nunggu Toy Story 4 enggak? Aku iya nih mumpung lagi ada yang nemenin hihi.

https://www.scstockshop.com/collections/styled-desktop/dark-skin
Postingan kali ini aku pengen banget curhat gimana aktifitas aku sebagai seseorang yang udah lama nggak mikirin tugas tambahan, kerja kelompok, kuis harian, UAS, materi untuk presentasi dll. Kangen banget ya kadang dengan masa-masa dimana jam dan menit sangat berharga untuk menyelesaikan tugas rumah, untuk edit-edit materi presentasi atau untuk lari membuat copy tugas mungkin bahkan belum dicetak haha. 

Saat-saat di mana kalo nggak sarapan itu nggak akan ngefek asalkan tugas dikumpul tepat waktu dan begadang udah nggak bikin gliyengan (pusing mual) keesokan harinya. 
Nggak sehat banget ya? Tapi untung aku nggak mengalami 3 tahun penuh seperti itu, tapi tentu ada masa-masa dimana tugas seperti hydra yang terus bertunas. Masa-masa dimana tugas kelompok banyaknya minta ampun. Eh tapi seru kok, tenang aja, kalian nggak sendirian.

Kurang Baca
Oh iya back to the topic, karena aku udah lama banget nggak berurusan dengan hal-hal semacam tersebut diatas, auto lemot banget sekarang kalo harus baca skimming. Sedih banget, kaya jompo banget. Back then, aku baca-baca banyak artikel, dan yang paling memotivasi adalah postingan kak Alo yang ini. Setuju banget sih kalo kita harus tetep baca buku apapun itu setiap hari (tapi yang bermanfaat ya). Gimana dengan baca berbagai artikel di gadget? Fine menurutku. Selama yang kalian baca adalah topik yang menambah wawasan (in this case nggak baca caption instagram di feed kalian ya hehe). Maksud aku come on try to open your mind. Akhir-akhir ini aku masih biasain baca artikel yang berisi di blog-blog yang sering aku kunjungi. Tulisan tentang perjalanan wisata atau tips-tips juga patut dibaca karena ada info yang harus kita cerna. Plis kurang-kurangin baca hal yang tidak memberi informasi yang berguna untuk kalian ya *you know what I mean :)

Kurang Gerak
Hehe another problem nih guys, aku sering banget pulang kerja langsung makan, mandi lalu tiduran sampe tidur beneran. Alhasil, setiap aku harus menggerakkan badan sedikit lama akan berasa banget capeknya. Sering salah otot juga dan badan sakit semua saat diajak sedikit exercise. Lagi-lagi jompo banget. Akhirnya aku ngerasa nafsu makan tinggi dan berat badan susah turun. Wah gawat kalo udah gini ujungnya. Akhirnya aku paksain (meskipun badan sakit semua) untuk rutin exercise sebelum tidur. Gerakannya sederhana aja, mulai pemanasan, lalu sit-up, abdominal crunches, leg raises dan plank lalu diakhiri dengan pendinginan. Ingat ya, nggak usah terlalu obsessed untuk olahraga semalaman. Dipaksa disini maksudnya jangan sampai kalian skip, tapi tetap sesuaikan dengan porsi kekuatan kalian. 
https://designbundles.net/marinistyledesigns/208736-feminine-styled-stock-photo-for-bloggers-and-insta
Kurang Nutrisi
Udah satu paket nih dengan kurang gerak, biasanya kalo udah kurang gerak akan mager (malas gerak) dan milih makan seadanya. Apalagi aku indekos yang pastinya kegiatan nggak mau jauh-jauh dari kamar. Aku suka kok makan sayur dan buah-buahan tapi kadang jadi suka males banget untuk memenuhi kebutuhan serat harian. Jadwal makan juga lumayan berantakan. Tapi mulai sekarang aku paksa untuk minum air putih yang banyak, dan mengurangi makanan yang nggak perlu, seperti ngemil makanan yang manis-manis atau yang digoreng. Denotasinya diet sehat ya hihi.

Kurang Kontrol
Yah sebenarnya beberapa hal diatas juga disebabkan kurang kontrol sih, but kurang kontrol disini lebih fokus pada keuangan. Karena sangat happy dengan gaji pertama diimbuhi dengan slogan pengen nyenengin diri sendiri dulu. Alhasil kebablasan sampai sekarang huhu. Nggak ada pos pos keuangan sama sekali selama ini, semacam jalanain aja dulu. Akhirnya bingung banget tiap tiba masanya tanggal tua. Hampir survive beberapa waktu lalu, tapi banyak banget pengeluaran di bulan-bulan selanjutnya. Berakhir dengan minus lagi minus lagi, dan lagi-lagi dari baca-baca blog kak Alo yang ini, buat aku jadi sadar selama ini aku nggak membelanjakan uang yang aku dapat tiap bulannya sesuai prioritas yang seharusnya. Sekarang harus membuat pos-pos atas kebutuhan dan kewajiban yang semestinya dipenuhi lebih dahulu. Start to spend how much left after saving :)

Nggak sehat banget ya, bedanya dulu sering baca banyak buku untuk keperluan belajar tapi selebihnya kegiatan harian yang kurang baik dari sejak kuliah tetep kebawa, kayaknya kita emang udah shaped untuk selalu ngalah sama deadline. Paksain diri dan kurang mencintai hidup sehat. Tidur lebih awal aja udah sesuatu yang besar yang bisa dihadiahkan untuk diri sendiri. Karena nggak pengen rutinitasku yang berantakan ini berlanjut, jangan sampe aku baru sadar disaat aku udah sakit, jadi aku udahin sampai di sini aja.

So, segitu dulu sharing-sharing dari kehidupanku yang biasanya loyo, semoga dengan lebih tertata segala hal yang berantakan selama ini jadi lebih semangat setiap bangun tidur setiap hari hehe. Oh iya untuk kalian yang aktivitasnya nggak jauh-jauh beda dari aku bisa banget luangin waktu weekend kalian untuk hobi kalian ya, agar lebih bahagia!! And another thing you should remember, no one could create a smile under your nose but yourself. 
Happy weekend teman-teman semuanyaaaaaa.

You May Also Like

0 comments